Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

Miliki Resolusi yang Tinggi di Tahun Baru

Resolusi yang tinggi

Fokus Hidup – “Apa itu resolusi tinggi yang dimaksud dalam tulisan ini? Mengapa harus meningkatkan resolusi hidup yang tinggi? Dan bagaimana seseorang dapat meningkatkan resolusinya yang tinggi? Simak renungan berjudul Miliki Resolusi yang Tinggi di Tahun Baru ini.”

 

Bacaan Nats: Filipi 1:20-22; Matius 6:33
Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan 
beroleh malu, melainkan seperti sediakala,demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata 
dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku. (ayat 20)

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. 
Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu. (ayat 21-22)
(Filipi 1:20-22)

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan 
kepadamu.
Matius 6:33)

 

Dalam KBBI resolusi artinya, “Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.”

Jadi resolusi merupakan putusan yang berisi tuntutan yang sudah disepakati dalam suatu musyawarah atau rapat untuk dilaksanakan.

Dengan kata lain, resolusi adalah hasil rapat yang berisi solusi dan tuntutan untuk diwujudkan. Misalnya, sebuah organisasi masyarakat akan melakukan aksi menyuarakan kedamaian, terlebih dahulu mereka merapatkan solusi dan tuntutan yang akan mereka tuntut dari aksi tersebut.

Baca juga: Melangkah Pasti dalam Ketidakpastian

Hasil dari rapat tersebut, itulah yang disebut dengan resolusi.

Istilah resolusi mengalami perluasan makna yang bukan sekedar hasil dari sebuah rapat yang merupakan tuntutan untuk diwujudkan atau dilaksanakan, tetapi juga mengenai tujuan atau target seseorang yang hendak dicapai di tahun-tahun yang akan datang.

Artinya, resolusi juga berbicara mengenai harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang. Peranan resolusi itu sendiri dalam diri seseorang dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan tekad, ketetapan hati, dan sebuah semangat yang tinggi untuk bertindak mencapai impian, harapan, atau cita-citanya setahun yang akan datang.

Semua orang pasti memiliki resolusi yang berbeda-beda takarannya. Ada yang memiliki resolusi biasa, ia hanya menjalankan dengan tujuan dan target seperti tahun-tahun sebelumnya, yang penting sehat.

Ada yang memiliki resolusi setingkat dari resolusi biasa di tahun yang baru ini, ia membuat target yang sedikit lebih baik dari tahun sebelumnya. Ada juga yang membuat resolusi yang lebih besar dari tahun sebelumnya, seperti ia ingin membuka perusahaan baru, membeli rumah baru, atau berpenghasilan drastis.

Apapun resolusi seseorang, selagi hal itu baik atau positif dan ia tidak terikat dengan dunia (cinta dunia), Alkitab tidak bertentangan dengan hal itu.

Kecuali misal seorang pengedar narkoba yang menginginkan di tahun baru ia dapat memperluas wilayah penjualannya dan semakin berlipat pendapatan hasil penjualan narkoba.

Baca juga: 8 AKIBAT MENOLEH KE BELAKANG, PENTING DISIMAK

Resolusi tersebut, kategori negatif karena merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan bertentangan dengan Firman Tuhan. Seharusnya pengedar narkoba itu bertobat dan meningkatkan resolusinya untuk melayani Tuhan, hidup kudus, dan menyenangkan hati Tuhan.

Dalam Alkitab, ada contoh seseorang yang meningkatkan resolusinya melalui berseru kepada Tuhan. Dialah Yabes. Di dalam 1 Tawarikh 4:9-10, Yabes berseru agar Tuhan memberkatinya berlimpah-limpah, memperluas daerahnya, dan meminta tangan Tuhan menyertainya dan melindunginya dari malapetaka.

Seruan Yabes ini didengar dan dijawab oleh Tuhan. Di sini, Yabes membuat resolusi dan membawa resolusinya kepada Tuhan, ia pun diberkati Tuhan melimpah dan mengalami pemeliharaan Tuhan.

Seperti halnya Yabes yang menaruh pengharapannya kepada Tuhan melalui doa, kita juga di tahun yang baru ini, merupakan hal yang tepat jika kita menaruh pengharapan kita kepada Tuhan dan membawa resolusi kepada Tuhan. Buatlah resolusi Anda dan berserulah kepada Tuhan.

Tetapi ingat, semua orang bisa mengalami sukses dalam hal finansial. Artinya tanpa berdoa pun, apabila bekerja keras, giat, tekun, dan memiliki manajemen keuangan yang baik, ia pun dapat mengalami sukses dalam hal materi.

Bukankah ada banyak orang yang diluar Kristus juga yang diberkati secara jasmani? Tentu rahasia sukses mereka adalah kerja keras dan kerja cerdas.

Memang seseorang diberkati finansial atau tidak adalah seijin Tuhan dan Ia yang memberkati. Tetapi perlu kita pahami adalah setiap orang yang menabur pasti akan menuai. Jadi siapapun dia, bila selalu rajin dan kerja keras, akan menuai hasil yang setimpal pula.

Baca juga: Iman yang Siap Menghadapi Kematian

Oleh sebab itu, janganlah kita hanya memiliki resolusi hanya sekadar sukses secara jasmani, melainkan kita harus meningkatkan resolusi hidup kita kepada resolusi yang tinggi.

Resolusi kita jangan hanya sebatas berkat materi saja, seperti sebatas mengenai pekerjaan yang lebih baik, mendapat jodoh dan menikah di tahun yang baru ini, memiliki mobil atau motor, memiliki rumah atau jabatan yang tinggi.

Tidak salah jika kita memiliki resolusi seperti itu, namun alangkah baiknya kita membuat resolusi yang tinggi, yakni resolusi hidup yang benar.

“Istilah resolusi tinggi dalam gambar digital ialah high-res (high-resolution) bukan low-res (low-resolution). Jika resolusi gambar High-res, maka akan menghasilkan gambar yang bagus dan berkualitas sehingga ketika gambar dibesarkan di layar komputer atau hp, tidak akan pecah.”

Berbeda dengan low-res, bila sedikit saja gambar dibesarkan, maka akan semakin pecah dan tidak jelas kelihatan gambar tersebut. Demikian juga bila kita memiliki resolusi yang tinggi di tahun yang baru ini, maka kehidupan kita akan bercahaya bagi lingkungan atau sekitar kita.

Apa itu resolusi yang tinggi? Kita tahu bersama bahwa Paulus sebelum bertobat adalah penganiaya orang Kristen. Mungkin resolusi yang dimiliki sebelum ia percaya adalah menjadi ahli Taurat terhormat atau guru besar Yahudi. Tetapi setelah bertobat, Paulus memiliki resolusi yang tinggi, yakni Kristus dimuliakan di dalam tubuhnya baik hidup maupun mati, hidup adalah Kristus, dan berbuah untuk hormat kemuliaan nama Tuhan.

Definisi Resolusi yang tinggi yang dimaksud dalam tulisan ini adalah resolusi untuk kerohanian atau kehidupan rohani kita, seperti halnya resolusi Rasul Paulus. Resolusi ini merupakan yang tinggi, yang orientasinya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan saja.

Baca juga: Menjaga Status Iman, Ini yang Seharusnya Kita Lakukan…

Orang yang memiliki resolusi yang tinggi, ia tidak akan dikuasai oleh harta, jabatan, maupun hawa nafsu, melainkan ia menggunakan segala berkat termasuk harta dan jabatan, dan seluruh kehidupannya hanya untuk menyenangkan Tuhan saja. Ia mau hidup bagi Tuhan.

Karena itu, sebagai orang percaya, seharusnya kita memiliki resolusi yang tinggi di tahun yang baru ini. Jika di tahun sebelumnya resolusi atau harapan kita sebatas pekerjaan, penghasilan, tempat tinggal, jodoh, atau atau berkat fisik lainnya, maka di tahun baru ini mari kita tingkatkan resolusi kita dengan menambahkan target rohani.

Semisal saya mau melayani Tuhan, saya mau sekolah teologi, saya mau diutus, saya mau menopang pelayanan dengan berkat Tuhan, atau hal lainnya yang merupakan kerinduan rohani kita.

Buatlah resolusi hidup yang tinggi, di mana bukan sekedar membuat resolusi untuk memiliki hidup semakin baik lagi dalam hal berkat fisik, tetapi buatlah resolusi untuk kehidupan rohani Anda yang lebih baik lagi, resolusi yang tinggi.

Resolusi yang perlu kita miliki di tahun yang baru ialah biar semakin sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, mau senantiasa melayani Tuhan, dan mau hidup dalam kekudusan. Juga hidup taat pada Firman Tuhan, mau bertobat dan setia pada panggilan, dan mau hidup menyenangkan Tuhan. Bahkan, mau berbuah, mau menjadi pelaku Firman Tuhan, dan mau menabur untuk pekerjaan Tuhan.

Itulah beberapa daftar resolusi yang tinggi, yang seharusnya menjadi target hidup kita memasuki tahun yang baru.

Jika Anda sedang membuat resolusi di tahun yang baru ini janganlah sebatas pada resolusi biasa yakni hanya untuk berkat fisik saja, melainkan juga buatlah resolusi yang tinggi, yakni untuk kehidupan rohani Anda.

Awalilah tahun yang baru dengan komitmen yang tinggi untuk hidup takut akan Tuhan dan buatlah resolusi yang tinggi pula, sehingga kita dapati, kehidupan kita tetap memiliki kualitas rohani yang tinggi. Jangan menunda untuk hidup bagi Tuhan, sebab kemungkinan tidak ada kesempatan lagi untuk bertobat.

Sebab itu, mulailah dengan membuat resolusi yang tinggi dalam hidup ini dan realisasikanlah di tahun yang baru ini.

Baca juga: Pertolongan Tuhan Itu Nyata? Ini Seruan Kita Seharusnya…

Kita tidak akan mengalami kerugian ketika kita membuat resolusi untuk kehidupan rohani kita, sebab resolusi itulah yang akan membawa kita menikmati janji Tuhan.

Carilah perkara yang bernilai kekekalan, yakni memerhatikan kehidupan rohani kita agar tetap berkualitas sampai kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya atau ketika kita dipanggil-Nya.

 

DOA
Bapa, aku mau membuat resolusi yang tinggi di tahun yang baru ini, berkatilah dan mampukanlah untuk tetap setia kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin!

resolusi yang tinggi

 

(Dilarang meng-copy dan publish ulang tulisan ini, tanpa seijin penulis)

 

Jika Anda merasa diberkati dengan artikel “Miliki Resolusi yang Tinggi di Tahun Baru” ini, bagikanlah ke sosmed (Facebook, Twitter, Gogle+, dll.) Anda. Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik DI SINI untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik DI SINI. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik.

 

Jangan lupa, kunjungi juga beberapa artikel di bawah ini yang menguatkan iman Saudara!

Komentar Anda:

error: