Menikmati Hidup Bersama Tuhan

 

Fokus Hidup – “Nenek Norma Baru saja kehilangan suami tercinta. Dua minggu setelahnya ia malah didiagnosis kena kanker. Sungguh sangat menyedihkan, bukan? Simak kisah mengharukan dalam renungan berjudul Menikmati Hidup Bersama Tuhan ini.”

 

Bacaan ayat: Mazmur 90:12; Filipi 4:4-8
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
(Mazmur 90:12)

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! (ayat 4)

Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! (ayat 5)

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal 
keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. (ayat 6)

Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam 
Kristus Yesus. (ayat 7)

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, 
semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan 
dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu (ayat 8)
(Filipi 4:4-8)

 

Logikanya, jika seseorang sedang sakit, sudah seharusnya berobat agar ia sembuh dari sakitnya. Apalagi jika sudah didiagnosis menderita penyakit parah dengan sisa umur yang tak panjang, pastilah sang penderita akan segera menjalani proses perawatan untuk kesembuhan.

Berbeda dengan seorang nenek berusia 90 tahun, bernama Norma. Meski didiagnosis menderita sakit kanker, bukannya ia menjalani perawatan malah memilih berkeliling ke berbagai tempat di Amerika Serikat.

Nenek Norma sebelumnya hidup bersama suaminya selama 67 tahun, namun pada tahun 2015 lalu, suaminya meninggal dunia. Baru saja kehilangan suami tercinta, dua minggu setelahnya ia malah didiagnosis kena kanker. Sungguh sangat menyedihkan bukan?

Tetapi tidak bagi Nenek Norma, meski Dokter memberinya sejumlah opsi untuk proses kesembuhannya mulai dari operasi, radiasi, hingga kemo, namun ia menolaknya. Jawabannya sangat mengejutkan, “Usiaku 90 tahun, aku akan jalan-jalan,” ucapnya.

Baca juga: Melihat dengan Mata Rohani

Keputusannya menolak perawatan tersebut, tentu mengecewakan keluarganya, namun akhirnya mereka menghormati keputusannya dan membolehkan Nenek Norma menjelajahi berbagai tempat dan bertualang. Ia menikmati hidupnya.

Di halaman Facebooknya, Nenek Norma mengunggah banyak foto dirinya yang memperlihatkan semangat bertualang meski sudah lanjut usia. Hal yang mengherankan terjadi ialah gejala-gejala kanker malah berkurang, bahkan ia pun tak merasa ada bagian tubuhnya yang sakit meski tidak menjalani perawatan.

Semangat hidupnya begitu luar biasa, ia berkata, “Teruslah lanjutkan hidup setiap hari, itu sudah cukup.”

Rupanya rahasia nenek Norma menjalani usianya yang mendekati satu abad dengan menderita kanker yang berangsur membaik, yakni karena ia membiarkan Tuhan menjadi bagian hidupnya. Sebagaimana yang dikatakannya, “Terus berdoa setiap hari dan Tuhan akan mengurusnya untukmu sekalipun kamu merasa tak bisa mengurus dirimu sendiri.”

Kisah Nenek Norma ini, tentu mengingatkan kita untuk senantiasa menikmati hidup ini bersama Tuhan. Meski kematian telah menjemput Nenek Norma beberapa waktu yang lalu, namun ketegaran dan semangatnya dalam menjalani hidup membuat ia mampu melewati kecemasan dan kesedihan semasa hidupnya. Nenek Norma, “menikmati hidupnya bersama Tuhan”.

Baca juga: Melibatkan Tuhan

Sebagaimana Nenek Norma mendapat kekuatan dari Tuhan, kita pun demikian. Mungkin saja saat ini kita merasa begitu penat dan tidak sanggup lagi menjalani hidup ini, akan tetapi ingatlah ada Tuhan yang selalu menyertai kita. Dia Allah yang hidup dan selalu ada bagi kita.

Yang perlu dilakukan ialah berserulah kepadaNya dan lakukan bagian kita sebagai orang percaya dan Tuhan yang akan melakukan bagianNya. Ingatlah, Tuhan akan selalu memberikan pertolongan ketika kita berseru kepadaNya, sebab Ia mengasihi kita.

DOA
Tuhan, Engkaulah kekuatan hidupku, aku ingin hidup berserah kepadaMu dan menikmati hidup bersamaMu. Aku mau hidup bagiMu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.
Jika Anda merasa diberkati melalui renungan berjudui “Menikmati Hidup Bersama Tuhan” ini, bagikan juga ke sosial media (Facebook, Twitter, Google+, dll.) Anda, agar ada banyak orang yang juga dikuatkan. Like halaman Facebook yang ada di samping atau di bawah dalam tampilan mobile. Dan jangan lupa, tinggalkan komentar Anda di kolom komentar.  

One thought on “Menikmati Hidup Bersama Tuhan

Leave a Reply