Fokus Hidup"Bila Tuhan menjadi nomor satu, kefanaan takkan mampu mengikat!!!"

Hanya Ada Satu Pintu Keselamatan

Fokus Hidup – “Benarkah hanya ada satu pintu keselamatan? Melalui siapakah seseorang dapat diselamatkan? Simak renungan ini, agar kita mengetahui pintu apakah itu, dan siapakah Pribadi yang bisa memberikan jaminan keselamatan hidup kekal.”

 

Bacaan ayat: Kisah Para Rasul 4:10-12; Yohanes 14:6
maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam nama Yesus Kristus, 
orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati 
-- bahwa oleh karena Yesus itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu. (ayat 10)

Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan -- yaitu kamu sendiri --, namun ia telah 
menjadi batu penjuru. (ayat 11)

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini 
tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. (ayat 12)
(Kisah Para Rasul 4:10-12)

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang 
kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
(Yohanes 14:6)

 

Sebuah pepatah yang sudah tidak asing lagi mengatakan, “Ada banyak jalan menuju Roma”, tentu memberikan arti bahwa ada banyak cara untuk mencapai impian. Sebagaimana Roma di masanya, ada banyak jalan untuk tiba atau masuk ke kota Roma.

Hal ini juga menjelaskan bahwa apabila jalan yang kita hadapi tertutup, jangan cemas dan berputus asa sebab ada jalan lain yang akan terbuka. Di satu sisi, jika kita berseru kepada Tuhan, maka Ia yang akan membuka jalan bagi kita.

Baca juga: Inisiatif Merespons Panggilan Tuhan

Namun bila dihubungkan dengan keselamatan atau kehidupan kekal setelah kematian jasmani, dapatkah disebut ada banyak cara memperoleh keselamatan?

Pada umumnya, kebanyakan agama di dunia ini mengajarkan berbagai cara untuk memperoleh keselamatan, seperti berbuat baik, hidup saleh, sedekah, bermeditasi, sampai kepada melakukan ritual-ritual penyembahan khusus agar beroleh selamat.

Meski rata-rata ajaran agama menekankan perbuatan baik dan kesalehan, tetapi di dalam Alkitab hanya ada satu pintu keselamatan Ada satu Pribadi yang mampu memberikan kepastian keselamatan, yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Apakah ada syaratnya? Bila seseorang pergi ke dukun, maka ia harus memenuhi syarat-syarat yang diminta sang dukun, seperti membawa kemenyan, ayam hitam, dll., supaya keinginan si pemohon terjawab.Padahal secara tidak langsung si pemohon telah mengikatkan diri dengan kuasa kegelapan. Tetapi keselamatan yang diberikan Tuhan, “tidak muluk-muluk atau tanpa syarat”.

Baca juga: Tenang Menghadapi Masalah atau Persoalan Hidup

Seseorang beroleh keselamatan bila percaya! Tidak perlu ada korban lagi, sebab Tuhan Yesus sendiri telah menjadi korban itu sendiri. Ia telah memenuhi berbagai persyaratan dari hukum Taurat mengenai penebusan dan pengampunan dosa, dengan menjadi korban Anak Domba Allah sekali untuk selama-lamanya.

“Ia telah mati di Atas Kayu Salib untuk menebus segala dosa kita dan menjadikan kita sebagai anak-anakNya (Yoh 1:12).”

Tanpa syarat! Itulah keselamatan yang Ia berikan kepada kita. Tidak perlu ditambahkan lagi dengan perbuatan baik. Sebab kita diselamatkan bukan oleh jerih payah kita, bukan pula oleh perbuatan baik, melainkan oleh iman (Ef 2:8-9).

Memang kita harus berbuat baik dan taat akan firman Tuhan tetapi bukan bertujuan untuk diselamatkan, melainkan karena “sudah” menerima keselamatan itu. Dan itulah kewajiban dan tnggung jawab kita sebagai orang percya.

Ketika menerima Kristus dan menjadikan Kristus sebagai Tuhan dan Raja atas hidup kita, maka kita beroleh keselamatan dan “tanggung jawab” kita sebagai orang percaya adalah melakukan perbuatan baik, menjaga kekudusan, dan penuh ketaatan, agar kita menjadi Terang bagi dunia.

Baca juga: Menikmati Hidup Bersama Tuhan Setiap Waktu

Pintu keselamatan yang ada di dunia ini, bertolak dari iman Kristen, yakni hanya ada di dalam Kristus. Dialah Juruselamat umat manusia yang menebus dosa dan kutuk hukum Turat (Gal. 3:13). Alkitab jelas menyatakan bahwa hanya ada satu pintu keselamatan, yakni Yesuslah satu-satunya jalan atau pintu keselamatan itu sendiri.

Pastikanlah bahwa diri kita telah beroleh keselamatan dan jadilah Terang di sekitar Anda.

DOA
Bapa sorgawi, terima kasih atas anugerah keselamatan yang Engkau berikan melalui Yesus Kristus. Dan aku rindu menjadi Terang dunia. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

 

Lihat juga:

 

Jika Anda merasa diberkati dengan artikel “Hanya Ada Satu Pintu” ini, bagikanlah ke sosmed (Facebook, Twitter, Gogle+, dll.) Anda. Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik di sini untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik di sini. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik. <>

 

Komentar Anda:

error: