Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

Agar Diurapi oleh Roh Kudus, Ini yang Perlu Dilakukan…

agar diurapi oleh Roh Kudus
Fokus Hidup
“Pembahasan  dalam forum tanya jawab berikut ini adalah mengenai agar mengalami kepenuhan Roh Kudus. Ada beberapa pertanyaan seputar persoalan ini. Untuk itu, temukan jawabannya dalam artikel tanya jawab yang berjudul, Agar Diurapi oleh Roh Kudus, Ini yang Perlu Dilakukan… ini.”

 

Pertanyaan:

Bagaimana cara agar seseorang diurapi oleh Roh Kudus? Apakah setiap orang yang dipenuhi Roh Kudus harus berbahasa lidah?

 

Jawaban Agar Diurapi oleh Roh Kudus:

Diurapi oleh Roh Kudus sama halnya dipenuhi oleh Roh Kudus. Untuk menjelaskan bagaimana agar seseorang mengalami hidup dipenuhi oleh Roh Kudus, sebelumnya perlu terlebih dahulu mengetahui kronologis dari peristiwa pencurahan Roh Kudus. Agar dapat memahami gambaran lengkap Roh Kudus bekerja dalam seseorang.

Baca juga: 7 Hal tentang Kisah Santa Klaus yang perlu Anda Ketahui

Kronologis atau kisah awal terjadinya pencurahan Roh Kudus, yakni terdapat dalam Kisah Para Rasul (Kis 2:1-13). Setelah Tuhan Yesus naik ke Sorga, Ia menyuruh para murid-murid atau orang percaya yang ada pada saat itu, untuk tinggal di Yerusalem dan menantikan janji Bapa mengenai pencurahan Roh Kudus (Luk 24:49; kis 1:4-5).

Tepatnya pada hari Pentakosta terjadi pencurahan Roh Kudus. Benarlah apa yang dijanjikan oleh Tuhan Yesus dan orang percaya yang berkumpul saat itu berjumlah 120 orang (Kis 1:15), mereka mengalami kepenuhan Roh Kudus.

Mereka memperoleh kuasa, karunia berbahasa lidah atau bahasa roh, dan keberanian memberitakan kuasa kematian dan kebangkitan Kristus. Orang percaya pada zaman gereja mula-mula pun bertambah setelah mendengar khotbah Petrus, di mana menjadi 3000 jiwa yang percaya dan dibaptis (Kis 2:14-41).

Di awali dengan pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta inilah, maka gereja Tuhan sejak saat itu mengalami baptisan Roh atau dipenuhi oleh Roh. Setiap orang yang percaya kepada Tuhan dengan segenap hati akan memiliki pengalaman spiritual bersama Roh Kudus. Baik dalam masa pertumbuhan rohani, maupun dalam melayani Tuhan.

Namun bukan berarti pencurahan Roh Kudus terjadi lagi dan terus berulang seperti halnya pada zaman Rasul-Rasul, sebab Roh Kudus sudah dicurahkan atau diberikan sekali sejak hari Pentakosta 2000 tahun silam, khusus untuk orang percaya.

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia dan Ketergantungan Obat Tidur

Tidak benar jka disebut pencurahan Roh Kudus ada gelombang pertama, kedua, dst-nya. Setiap orang percaya dapat dipenuhi oleh Roh Kudus, berlaku unlimited hingga akhir hidupnya di dunia ini.

Seseorang yang dipenuhi oleh Roh Kudus, maka ia akan menerima kuasa dan menjadi saksi Kristus (Kis 1:8). Kuasa di sini bisa merujuk kepada, Mrk 16:17-18 (tanda-tanda orang percaya), karunia (1 Kor 12:4-11), dan perubahan hidup seperti halnya para murid ketika dipenuhi Roh.

Mereka pun penuh keberanian memberitakan Injil (Kis 2:1-13, 14) dan juga menghasilkan buah Roh (Gal 5:22-26).

Lantas, kapankah seseorang dipenuhi Roh Kudus? Ketika seseorang menjadi percaya atau menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya secara pribadi, maka Roh Kudus tinggal di dalam hati orang percaya, namun Ia tidak bisa memakai seseorang dengan karunia Roh dan memenuhi hidup seseorang apabila orang tersebut tidak memberikan hidupnya di pimpin oleh Roh.

Karena itu, agar kita diurapi atau dipenuhi Roh Kudus, maka kita perlu hidup di pimpin oleh Roh (Gal 5:16-26; Ef 5:17-21) dan mengusahakan agar memperoleh karunia-karunia (1 Kor 14;1) tentu melalui meminta di dalam doa, hidup taat pada pimpinan Roh atau hidup sesuai dengan Firman Tuhan, dan perlu mempraktekkan karunia-karunia Roh (1 Kor 12:27-31).

Setiap orang yang tidak berbahasa Roh, bukanlah berarti ia tidak dipenuhi oleh Roh Kudus.

Baca juga: Kronologis Kebangkitan Tuhan Yesus, Penting Disimak

Bahasa roh hanyalah salah satu karunia Roh (1 Kor 12:410), ada juga karunia yang lain. Ada orang yang dipenuhi Roh, tetapi tidak bisa berbahasa roh. Namun ia bisa juga punya karunia berkata-kata dengan hikmat, pengetahuan, dsb-nya.

Tanda seseorang dipenuhi Roh Kudus, apabila ia hidup kudus, taat pada Firman-Nya, dan sungguh-sungguh dalam panggilan-Nya atau sungguh-sungguh melayani Tuhan. Jangan terkecoh dengan penampilan luar dari seseorang yang mengaku diurapi oleh Roh, lihatlah ajaran dan buahnya.

(orang yang dipenuhi Roh Kudus terlihat dari karakter dan buah roh – Julian Tamaka)

Demikian jawaban kami mengenai pertanyaan ini. Bila Bpk/Ibu dan Sdr/i ingin mengajukan pertanyaan silahkan isi kolom pertanyaan yang sudah tersedia di bawah artikel jawaban ini.

 

 

Jika Anda merasa diberkati dengan Artikel berjudul, “Agar Diurapi oleh Roh Kudus, Ini yang Perlu Dilakukan… ini, bagikanlah artikel ini kepada sahabat, keluarga, dan rekan-rekan Anda.

Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik DI SINI untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik DI SINI. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik.

Jangan berhenti di tangan Anda, tetapi bagikanlah artikel Agar Diurapi oleh Roh Kudus, Ini yang Perlu Dilakukan… ini, melalui sosial media (Facebook, Twitter, Google+, dll.) Anda. Sebab dengan demikian, Anda juga sudah berpartisipasi dalam mengajarkan kebenaran Alkitab. Selain itu, teruslah bertekun dalam Kristus. Tuhan Yesus Memberkati …!!!

 

Kunjungi beberapa artikel di bawah ini yang menguatkan iman Saudara!

 

 

 

Komentar Anda:

Shalom...
Mau curhat? Atau mau bertanya?
Powered by
error: