Pasang IklanSaudara ingin memasang iklan? Klik di pasang iklan..

Cara Mengatasi Insomnia dan Ketergantungan Obat Tidur

 (Via Img: http://news.gogo.mn)

 

Fokus Hidup – “Shalom, pertanyaan berikutnya yang akan dijawab dalam kategori tanya jawab ini adalah mengenai cara mengatasi insomnia dan ketergantungan obat tidur. Jika Anda mungkin mengalami hal ini dan ingin mengatasinya, simak penjelasannya.”

 

Susah tidur atau insomnia terkadang dialami oleh sebagian orang. Tidak jarang mereka juga menggunakan obat tidur agar bisa tertidur pulas. Bagaimana mengatasi insomnia dan ketergantungan obat tidur? Ikuti ulasannya di bawah ini.

 

Pertanyaan:

Ada sebagian orang yang mengalami “susah tidur”, memilih menggunakan obat tidur. Lama-kelamaan seseorang akan mengalami ketergantungan obat tidur. Ia tidak bisa tidur jika tanpa mengkonsumsi obat tidur. Bagaimana mengatasi insomnia dan ketergantungan obat tidur yang disebabkan insomnia?

 

Jawaban Mengatasi Insomnia dan Ketergantungan Obat Tidur:

Setiap orang memerlukan waktu yang cukup untuk beristirahat dan seharusnya menerapkan pola tidur yang cukup pula. Sebab, kurang tidur dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya.

Menurut klasifikasi diagnostic WHO pada tahun 1990 insomnia termasuk golongan disorder of iniating ana maintaining sleep (DIMS) yang diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder.

Baca juga: Kronologis Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, Penting untuk Disimak

Insomnia primer merupakan gangguan sulit tidur yang penyebabnya belum diketahui secara pasti, dapat menyebabkan komplikasi kecemasan dan depresi. Sebagian penderita golongan ini mempunyai dasar gangguan pskiatris.

Sedangkan, insomnia sekunder merupakan gangguan sulit tidur yang penyebabnya dapat diketahui secara pasti. Gangguan ini disebabkan oleh gangguan sakit fisik maupun gangguan kejiwaan atau spikis.

Secara umum, penyebab seseorang mengalami susah tidur, yakni penyakit fisik, penyakit jiwa, kebiasaan, dan faktor usia. Selain itu, kesulitan tidur dialami juga karena faktor tekanan hidup, masalah pekerjaan, cemas, gelisah, stres, dsb.

Akibat susah tidur, sebagian orang memilih mengkonsumsi obat tidur yang dianggap sebagai solusi untuk bisa tidur nyenyak.

Mengkonsumsi obat tidur sebenarnya tidak baik sebab obat tidur hanya akan memberikan efek buruk seperti ketagihan atau ketergantungan. Sebaik mungkin atasilah insomnia dengan benar dan jangan sampai menggunakan obat tidur.

Pertama, Untuk mengatasi insomnia, ada beberapa pendisiplinan diri yang perlu kita lakukan, namun yang terlebih dahulu dilakukan adalah dimulai dari spiritual.

Mengapa seseorang mengalami tekanan, depresi, kecemasan, dan ketakutan? Hal ini dikarenakan mereka hidup jauh dari Tuhan.

Daud dalam menghadapi tekanan, yang dilakukan adalah datang dan berseru kepada Tuhan (Mzm 34:7). Dengan berseru kepada Tuhan maka kita akan melihat pertolongan Tuhan yang nyata, yang memberikan kekuatan bagi kita.

Selanjutnya, kita perlu meningkatkan iman kita kepada Tuhan dan berserah kepadaNya. Buanglah segala kecemasan, ketakutan, kekuatiran dan renungkanlah firman Tuhan senantiasa.

Pendisplinan yang perlu kita terapkan adalah rubahlah dan biasakan jam tidur lebih awal setiap harinya, sehingga akan terbiasa tidur lebih awal karena biasanya susah tidur dialami karena terbiasa tidur larut malam.

Jika kita akan tidur, biasakanlah jangan melakukan aktifitas lain, seperti menonton tv, menyalakan komputer, dsb. Selain itu, jangan lupa dibarengi dengan olahraga yang cukup setiap hari.

Baca juga: Kesaksian Hidup: Bukti Efektif Tuhan Itu Ada

Kedua, Dalam mengatasi ketergantungan obat, yang perlu dilakukan adalah berdoalah kepada Tuhan agar Dia memampukan Anda terlepas dari ketergantungan obat tidur. Namun juga dibutuhkan kemauan dan komitmen tinggi untuk tidak mengkonsumsinya lagi.

Ingatlah akan efek ketagihan dari obat tersebut.

Selanjutnya, konsultasikan dengan dokter yang ahli, sehingga mendapatkan penanganan khusus. Dengan pertolongan Tuhan, siapa pun dapat meninggalkan kebiasaan buruk maupun ketergantungan obat.

Hentikanlah penggunaan obat tidur sebelum hal itu merugikan diri Anda.

Demikian jawaban kami mengenai pertanyaan ini. Bila Bpk/Ibu dan Sdr/i ingin mengajukan pertanyaan silahkan isi kolom pertanyaan yang sudah tersedia di bawah artikel jawaban ini.

 

 

Jika Anda merasa diberkati dengan artikel Cara Mengatasi Insomnia dan Ketergantungan Obat Tidur ini, bagikanlah ke sosmed (Facebook, Twitter, Gogle+, dll.) Anda. Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik di sini untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik di sini. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik. <>

 

Komentar Anda:

error: