Pasang Iklan MurahSaudara mau pasang iklan? Klik di pasang iklan murah!

7 Hal tentang Kisah Santa Klaus yang perlu Anda Ketahui

 4. Tradisi Perayaan Nicholas Day

Hal yang keempat dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah seperti apa tradisi perayaan Nicholas Day yang akhirnya terkait dengan perayaan natal.

Santo Nicholas meninggal pada tanggal 6 Desember 343 M., di Myra dan kematiannya menjadi hari perayaan St. Nicholas Day. Karena kebaikannya, Nicholas pun dijadikan sebagai orang suci. Bahkan, jenazahnya disebut-sebut memiliki kemampuan menyembuhkan secara ajaib, hingga jenazahnya pun dicuri dari makamnya.

Baca juga: Bom Di Malam Natal, Kisah Sang Pahlawan Kemanusiaan

Oleh karena perayaan St. Nicholas Day 6 Desember berdekatan dan hampir bersamaan dengan natal yang jatuh pada 25 Desember, akhirnya hari raya St. Nicholas juga dikaitkan dengan 25 Desember dan hubungannya dengan Natal terjalin.

Sebuah tradisi berkembang saat itu, bahwa ia mengunjungi rumah pada malam Natal dan anak-anak akan meletakkan kacang, apel, permen, dan barang-barang lainnya di sekitar rumah untuk menyambutnya.

Tetapi ketika reformasi menguasai sebagian besar Eropa, popularitas Santo Nicholas menurun di sebagian besar negara-negara Protestan, kecuali di Belanda tradisi ini diadopsi dan terus berlangsung. Di sana ia disebut sebagai “Sinter Klas.” Kemudian, tradisi berlanjut ke Amerika Serikat.,

Figur Santa Klaus yang dikenal masyarakat saat ini, merupakan sosok yang terkisah dari Santo Nicholas. Kisah kemurahan hati dan kasihnya kepada anak-anak terus berkembang sehingga tidak hilang dalam legenda Santa Klaus.

 

 

5. Berkembangnya Kisah Santa Klaus

Hal yang kelima dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah mengenai seperti apa berkembangnya kisah Santa Claus sehingga mendunia dan selalu muncul pada hari natal.

Kebaikan demi kebaikan yang dilakukan St. Nicholas, membekas dalam ingatan masyarakat setempat, bahkan kisahnya yang menginspirasi ini pun dilestarikan melalui cerita dari mulut ke mulut. Tak pelak, kisah ini terus berkembang dan mendunia di kemudian hari.

Kisah Santa Nicholas ini kemudian diadopsi di Belanda dan disebut “Sinterklas” yang digambarkan sebagai uskup yang berjanggut dengan jubah resmi.

Baca juga: 3 CARA MENGALAMI TUNTUNAN TUHAN, PENTING DISIMAK…

Kemudian menjadi populer ketika cerita ini dibawa oleh orang-orang Belanda yang bermigrasi ke New York. Di Amerika namanya berubah menjadi Santa Klaus, di mana pada malam Natal, Santa menaiki kereta salju penuh dengan hadiah dan ditarik oleh delapan ekor rusa kutub.

Figur Santa Klaus yang berkembang di AS, merupakan perpaduan kisah Santo Nicholas dengan kisah dewa Odin yang disembah oleh orang Norwegia. Santa Klaus digambarkan sebagai orang tua yang murah senyum, berjanggut putih, berpakaian baju merah, dengan kerpus merah di kepalanya.

 

 

6. Kisah Kereta Salju Santa Klaus yang Ditarik 8 Ekor Rusa

Hal yang keenam dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah bergesernya kisah ini kepada mitos dan fiksi, yakni Santa Klaus yang menggunakan kereta salju yang ditarik oleh delapan ekor rusa kutub.

Pada tahun 1822, Clement Moore membuat sebuah puisi berjudul “A Visit from St. Nicholas”, yang di kemudian hari mempengaruhi pandangan masyarakat Amerika mengenai Santa Klaus.

Moore, seorang profesor bahasa Alkitab di Episcopal Theological Seminary New York, memanfaatkan pemikiran Pintard tentang tradisi Belanda akan Sinter Klass dan menambahkan beberapa elemen dari legenda Jerman dan Norwegia. Kisah ini menyatakan seorang lelaki peri atau malaikat memimpin festival pagan pada musim dingin.

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia dan Ketergantungan Obat Tidur

Dalam puisi itu, Moore menggambarkan Santa Klaus sebagai seorang pria dengan kereta salju yang ditarik oleh delapan miniatur rusa. Mereka terbang dari rumah ke rumah dan turun dari cerobong asap untuk mengantar hadiah yang dimasukkan di kaos kaki yang digantung di perapian.

Puisi yang dibuat Moore awalnya untuk keluarganya sendiri, tetapi pada tahun 1823, diterbitkan pada edisi pertama surat kabar Troy Sentinel, yang kemudian menjadi sangat popular, bahkan dicetak berulang kali dengan judul yang lebih akrab, “The Night Before Christmas”.

Moore terinspirasi menulis puisi Santa menggunakan rusa karena orang Skandinavia utara dan Finlandia sering menggunakan rusa kutub untuk menarik kereta luncur mereka.

 

 

 

7. Kisah Baju Santa Klaus

Hal yang ketujuh dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah mengenai baju Santa Klaus yang di kemudian hari menjadi berubah dan diketahui Santa menggunakan pakaian seperti setelan jas.

Seiring berjalannya waktu, penampilan Santa Klaus termasuk bajunya berubah dan semakin banyak yang ditambahkan dalam legenda Santa Klaus ini.

Baca juga: Kronologis Kebangkitan Tuhan Yesus, Penting Disimak

Seorang kartunis popular pada abad ke-19, Thomas Nast melakukan serangkaian gambar Santa Claus untuk Harper’s Weekly, dimana unsur-unsur yang menyenangkan ditambahkan olehnya dalam sebuah gambar tersebut.

Ia membayangkan bahwa Santa Claus tinggal di Kutub Utara. Nash juga menggambarkan Santa memiliki bengkel untuk membuat mainan bagi anak-anak dan sebuah buku besar yang berisi nama anak-anak yang nakal atau baik.

Sebagian besar gambar tentang Santa Claus pada masa itu mengenakan pakaian berbagai warna, termasuk warna merah, hijau, ungu, dan biru.

Pakaian Santa yang berwarna-warni ini berganti pada awal memasuki abad ke-20. Santa Claus terlihat seperti seorang pria berjas merah dan putih.

Perusahaan Coca-Cola mengkampanyekan produknya menggunakan Santa Claus dengan pakaian berwarna merah dan putih.

Pada tahun 1940-an iklan Coca-Cola yang menggambarkan Santa menikmati produk mereka (warna perusahaan Coca-Cola adalah merah dan putih), semakin populer. Santa Claus pun terkenal dengan pakaiannya yang berwarna merah putih.

Model Santa Claus pun semakin berubah dan dilengkapi dengan kemampuan teknologi canggih lintas waktu, memproduksi mainan dengan cepat dan tepat, dan dengan kecepatan tinggi untuk membagikan hadiah di rumah-rumah di seluruh dunia.

 

 

Respon Seharusnya mengenai Kisah Santa Claus

Seperti apa reaksi kita ketika mengetahui kisah Santa Klaus ini?

Hampir semua orang sepakat bahwa sesungguhnya ‎berbohong kepada anak-anak, itu merupakan kebiasaan yang buruk untuk perkembangan anak-anak. Tetapi kebanyakan orang tua akan menjadikan Santa Claus sebagai pengecualian. Ini merupakan hal yang tidak benar.

Kesalahan orang Kristen pada masa kini ialah membiarkan anak-anak mereka dibohongi oleh legenda Santa Klaus yang telah berkembang menjadi mitos dan fiksi.

Memperbaiki pemahaman yang sudah menyimpang dari iman Kristen ini, maka kita perlu menceritakan kepada anak-anak akan makna Natal yang sesungguhnya dan kebenaran kisah Santa Klaus kepada anak-anak kita.

Baca juga: Mendidik Anak Sejak Dini; Haruslah Segera, Jangan Tunda!

Hal ini akan menolong anak-anak kita untuk tidak berfantasi dan memaknai natal identik dengan Santa Klaus, sehingga natal tiada lengkap tanpa Santa Klaus. Terlebih lagi, ajarkan anak-anak akan kebenaran Alkitab, sehingga generasi kita tidak hanya hidup memiliki nilai-nilai kekristenan, melainkan mereka juga berfokus pada perkara di atas untuk memperoleh hidup yang kekal.

Penting sekali kita mengubah pandangan anak-anak kita bahwa kisah Santa Claus yang ada saat ini adalah mitos. Biarlah anak-anak kita hanya menjadikan tokoh ini sebagai hiburan saja dan fiksi, bukan mempercayainya sebagai sesuatu yang nyata.

Selamatkanlah anak-anak kita dari pemahaman yang salah, mitos-mitos, dan kepercayaan-kepercayaan menyimpang, termasuk mempercayai adanya Santa Claus. Sejak dini ajarkan anak-anak agar hidup takut akan Tuhan.

Demikian jawaban kami mengenai pertanyaan ini. Bila Bpk/Ibu dan Sdr/i ingin mengajukan pertanyaan silahkan isi kolom pertanyaan yang sudah tersedia di bawah artikel jawaban ini.

 

 

Jika Anda merasa diberkati dengan Artikel berjudul, “7 Hal tentang Kisah Santa Klaus yang perlu Anda Ketahui” ini, bagikanlah artikel ini kepada sahabat, keluarga, dan rekan-rekan Anda.

Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik DI SINI untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik DI SINI. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik.

Jangan berhenti di tangan Anda, tetapi bagikanlah artikel 7 Hal tentang Kisah Santa Klaus yang perlu Anda Ketahui ini, melalui sosial media (Facebook, Twitter, Google+, dll.) Anda. Sebab dengan demikian, Anda juga sudah berpartisipasi dalam mengajarkan kebenaran Alkitab. Selain itu, teruslah bertekun dalam Kristus. Tuhan Yesus Memberkati …!!!

 

Kunjungi beberapa artikel di bawah ini yang menguatkan iman Saudara!

 

 

Komentar Anda:

error: